NEWS
DETAILS
Selasa, 16 Apr 2024 14:29 - Paguyuban Honda Banten

Bulan Ramadhan telah berakhir, buat BroSis yang baru pulang kampung menggunakan motor atau doyan motoran pastinya sering melakukan kegiatan touring. Karena sudah menempuh perjalanan jauh, bukan tidak mungkin ada komponen yang mengalami keausan. Ada pula komponen yang tidak rusak atau aus namun perlu disetel ulang. Oleh sebab itu, setelah touring ada baiknya motor dilakukang pengecekan ulang agar Kembali ke kondisi ideal.

Usia pakai komponen motor memang sangat terpengaruh oleh jarak tempuh yang dilalui. Misalnya setelah berjalan tidak sampai 1.000 Km, ada bagian-bagian yang perlu diperiksa untuk memastikan motor selalu fit. Bagian tersebut yakni mesin, sistem kelistrikan, sistem pengereman dan kaki-kaki.

  • Mesin

Pada bagian ini perlu dilakukan servis atau tune up. Ganti oli, setel klep, cek busi dan membersihkan karburator atau injector adalah bagian dari pengerjaannya. Khusus untuk motor matic, tak ada salahnya untuk penggantian oli gardan juga. Namun bila motor sudah lebih dari 3 tahun belum servis besar, disarankan untuk melakukannya. Pengerjaan servis besar adalah seperti servis rutin ditambah membuka kepala silinder dan skir klep (merapatkan katup). Sekaligus membersihkan dari timbunan karbon.

  • Kelistrikan

Bagian kelistrikan yang penting diperhatikan adalah lampu-lampu. Kondisi headlamp, stoplamp dan sign dapat berfungsi dengan baik. terutama pada headlamp, karena fungsinya sangat penting ketika berkendara malam hari. Aki juga perlu dilakukan pengecekan agar semua yang berhubungan dengan kelistrikan berfungsi dengan baik. Boleh dipastikan katup aki tidak berkerak.

Soket penyambung kabel dirasa penting agar arus listrik tersalur dengan sempurna. Biasanya suka ada karat (berwarna kehijauan). Bila ditemukan, semprotkan dengan cairan penetran. Bisa dipastikan juga soket terhubung dengan baik agar terhindar dari panas berlebih yang dapat menyebabkan terbakar atau korslet.

  • Kaki-kaki dan sistem rem

Pemeriksaan kaki-kaki meliputi pengecekan bearing roda, pastikan tidak goyang, pelek motor dalam kondisi bagus, sokbreker tidak bocor dan pastikan tekanan angin ban sesuai.

Umumnya, servis motor di bengkel sudah termasuk pemeriksaan sistem pengereman. Mulai dari kondisi kampas rem dan minyak rem. Hal ini penting agar komponen ini bekerja dengan ideal.

Nah BroSis sekarang sudah tau kan, apa yang harus di lakukan setelah kita pulang mudik atau perjalanan jauh menggunakan motor kesayangan kita. Jadi jangan lupa untuk di perksa ya agar kendaraan kita tetap responsif fan prima.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK