NEWS
DETAILS
Minggu, 03 Sep 2023 08:50 - Paguyuban Honda Banten

Ganti oli mesin motor adalah bagian penting dari perawatan sepeda motor, dan seharusnya dilakukan secara teratur untuk menjaga performa mesin dan memperpanjang umur mesin BroSis. Bagi yang memiliki waktu dan ingin melakukan sendiri di rumah, proses ini sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan persiapan yang tepat. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengganti oli mesin motor sendiri di rumah beserta alat yang dibutuhkan.

Alat - alat yang dibutuhkan. 

  • Kunci untuk membuka baut pembuangan oli

Alat pertama yang dibutuhkan adalah kunci untuk membuka baut pembuangan oli. Pilih kunci ring atau ring spanner dalam istilah teknisnya dengan ukuran 12, 14, atau 17 mm. Hindari menggunakan kunci pas atau open end spanner karena kunci ring memiliki lebih banyak gerigi untuk membuka baut sehingga bisa meminimalkan risiko baut menjadi aus atau slek. Kunci t atau t-handle socket wrench juga dapat digunakan jika posisi baut pembuangan oli tersembunyi dan sulit dijangkau.

  • Kunci untuk membuka baut pengisian oli

Selain kunci untuk membuka baut pembuangan, kalian juga memerlukan kunci untuk membuka baut pengisian oli. Umumnya dibutuhkan tang untuk menjepit baut penutup lubang pengisian oli motor, namun ada juga yang menggunakan obeng minus atau kunci L untuk membuka baut pengisian oli.

  • Wadah untuk menampung oli bekas

Setelah menyiapkan kunci untuk buka baut pembuangan dan pengisian oli, alat selanjutnya yang dibutuhkan adalah tempat untuk menampung oli bekas yang keluar dari mesin. Gunakan wadah berbentuk baskom berbahan stainless atau plastik. Pastikan volume baskom penampung itu lebih besar dari jumlah oli mesin motor kalian.

  • Corong untuk mengisi oli mesin

Selanjutnya, kalian juga perlu corong untuk membantu mengisi oli mesin agar tidak tumpah. Pastikan corong yang digunakan dapat muat pada lubang pengisian oli mesin motor kalian.

  • Kain lap untuk membersihkan noda oli

Terakhir, persiapkan kain lap untuk membersihkan noda oli yang mungkin terjadi akibat dari proses penggantian ini.

Dengan alat-alat di atas, kalian sudah siap untuk mengganti oli mesin motor sendiri di rumah. Pastikan mesin sepeda motor telah dingin sebelum memulai proses penggantian oli. Ikuti langkah-langkah yang benar dan hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan atau kerusakan pada mesin motor kalian.

Selamat mencoba mengganti oli mesin motor sendiri di rumah BroSis! Mudahnya Ganti oli motor sendiri di rumah jadi lebih mudah dengan alat yang tepat. Pelajari alat apa saja yang diperlukan dan praktikkan keterampilan kalian. Dengan melakukan perawatan mesin secara teratur, kalian dapat memperpanjang umur mesin sepeda motor kalian dan menghemat biaya perawatan di bengkel.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK