NEWS
DETAILS
Selasa, 24 Oct 2023 07:56 - Paguyuban Honda Banten

Komponen pada kendaraan memiliki masa pakai. Bila waktunya tiba, performa komponen akan menurun bahkan bisa rusak. Tidak terkecuali pada komponen peredam kejut atau lebih populer disebut sokbreker. Pada sebuah motor, komponen ini terbagi menjadi dua bagian yakni sokbreker depan dan belakang.

Kali ini kita akan membahas sokbreker depan pada motor. Di mana komponen ini cukup penting untuk pengendalian motor dalam bermanuver dan kenyamanan pengendara.

Sebelumnya, kami informasikan terlebih dahulu kapan waktunya untuk melakukan servis pada sokbreker depan. Sejatinya, servis sokbreker tidak harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Karena ini berhubungan dengan gaya berkendara pengguna motor yang bisa menentukan umur sokbreker. Bila pengguna cukup apik dalam berkendara, komponen di dalam sokbreker bisa lebih awet. Namun perlu diingat, sokbreker juga punya komponen oli yang perlu diperhatikan performanya. Bila pengendalian motor sudah terasa tidak normal atau timbul bunyi asing, disarankan untuk segera servis.

Penyakit yang sering timbul adalah kebocoran oli akibat sil yang rusak. Secara kasat mata, kerusakan ini bisa terlihat dari as sokbreker yang sudah berceceran oli. Gejala seperti ini sering timbul akibat kotoran seperti pasir atau kerikil halus yang tidak segera dibersihkan. Secara tidak sadar, kerikil tersebut bak sebuah pisau yang merusak sil sehingga oli rembes keluar. Yang lebih parah lagi, kotoran pasir juga bisa menggores as sokbreker yang berujung membengkaknya biaya servis karena harus ganti as sokbreker.

Selain itu oli sokbreker juga harus diperhatikan. Oli yang lama tidak diganti akan berubah warna menjadi hitam. Bahkan kapasitas oli juga bisa berkurang akibat kebocoran. Pastinya kinerja sokbreker menjadi tidak maksimal dan menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK