NEWS
DETAILS
Sabtu, 09 Sep 2023 08:28 - Paguyuban Honda Banten

Sudah takdirnya sebuah motor, lambat laun akan menurun kemampuan mesinnya seiring usia pemakaian. Hal ini bisa terjadi di semua jenis motor dan pemilik motor tentunya tidak ingin hal ini terjadi. Motor akan kehilangan performa terbaiknya dan efisiensi bahan bakar pun menurun. Oleh karena itu, perawatan dan penggantian komponen adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa komponen penting yang harus diperiksa dan dirawat agar mesin motor tetap optimal ya BroSis.

  • Pentingnya Sistem Pencampuran Bahan Bakar

Sistem pencampuran bahan bakar menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga performa mesin motor. Motor lawas biasanya masih menggunakan karburator, sementara motor baru menggunakan throttle body atau injektor. Pada kedua jenis motor tersebut, komponen ini harus dibersihkan dan disetel ulang secara berkala. Hal ini akan membantu menjaga rasio pencampuran bahan bakar dan udara tetap ideal. Selain itu, periksa juga filter udara agar suplai udara lebih lancar.

  • Perawatan Busi

Busi menjadi komponen selanjutnya yang harus diperiksa secara berkala. Pastikan bagian elektroda pada busi tetap bersih agar percikan api tetap optimal. Jika sudah menempuh jarak 10.000 Km, sebaiknya busi diganti dengan yang baru.

  • Perawatan Rantai

Periksa kekenduran rantai motor secara berkala. Jika sudah terlalu kendur atau tegang, lakukan penyetelan ulang. Selain itu, jangan lupa untuk melumasi rantai agar pergerakan motor lebih lancar dan tidak berisik.

  • Perawatan Oli Mesin

Oli mesin menjadi salah satu komponen paling penting dalam menjaga kinerja mesin motor. Ganti oli sesuai dengan interval rekomendasi dari pabrikan, biasanya antara 3.000-5.000 Km. Pilih oli yang berkualitas agar performa dan efisiensi bahan bakar tetap optimal.

  • Perawatan Pengereman

Pengereman juga menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga keselamatan berkendara. Periksa ketebalan kampas rem dan cek volume minyak rem. Minyak rem juga bisa diganti setiap 20.000 Km.

  • Pemeriksaan Radiator Motor

Jika motor menggunakan sistem pendingin air, pastikan radiator tidak bocor dan sirkulasi coolant tetap lancar. Pastikan juga level coolant di dalam tabung reservoir radiator berada pada posisi yang ideal.

Dengan melakukan perawatan dan penggantian komponen secara rutin, maka motor Anda dapat berfungsi dengan baik dan tetap awet. Selain itu, motor juga akan memiliki performa dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Jadi, jangan abaikan perawatan motor sport Anda, karena itu merupakan investasi yang penting bagi kenyamanan dan keamanan berkendara Anda.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK