NEWS
DETAILS
Jumat, 08 Sep 2023 09:21 - Paguyuban Honda Banten

Pada dasarnya, busi motor berfungsi memberikan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi di ruang bakar. Percikan api itu dihasilkan dari tegangan listrik yang disalurkan oleh koil ke busi.

Ketika percikan api itu membakar campuran bensin dan udara yang terkompresi, maka terjadilah ledakan di ruang bakar dan menjadi daya untuk menggerakan sepeda motor. Karena itulah busi motor punya peran yang sangat penting dalam sebuah rangkaian sepeda motor.

Pemilik sepeda motor terkadang sering telat dalam ganti busi. Alasannya sepele, sepeda motor masih bisa hidup dan masih bisa dipakai. Padahal busi sepeda motor juga punya usia pakai. Seperti oli mesin yang rutin diganti, busi sepeda motor juga menuntut penggantian berkala untuk menjaga performa mesin motor kita.

Ada beberapa ciri-ciri busi yang sudah harus diganti. Antara lain mesin yang mulai susah dihidupkan, kondisi stasioner yang tidak stabil, hingga laju sepeda motor yang tersendat-sendat. Jika sudah parah, mesin sepeda motor bisa mati ketika digunakan. Bahaya banget kan!

Busi sepeda motor idealnya diganti setiap 6.000 – 8.000 km. Untuk memastikannya, bisa cek kondisi buku manual motor kita. Untuk pengecekan berkala, bisa dilakukan tiap 3.000 – 4.000 km. Pengecekan busi diperlukan untuk mengecek elektroda busi, apakah sudah terlalu kotor. Bersihkan jika dirasa perlu.

Jangan ganti busi melebihi 9.000 km, karena busi dianggap sudah tidak maksimal memercikan bunga api. Jika dipaksakan, proses pembakaran mesin jadi tidak maksimal. Efeknya adalah performa yang menurun, dan motor yang jadi boros. Gunakan busi sesuai rekomendasi pabrikan.

Untuk sepeda motor injeksi, gunakan busi khusus injeksi. Biasanya ada kode R yang artinya Resistance atau memiliki resistor di dalam businya. Pemilihan busi yang salah juga bisa berefek pada performa mesin. Misalnya mesin cepat panas, atau mesin sulit dihidupkan meski kondisi busi baru.

Udah tau kan BroSis? Jangan lupa cek dan ganti busi motor kalian ya agar peforma mesin tetap terjaga.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK