NEWS
DETAILS
Jumat, 17 Nov 2023 09:07 - Paguyuban Honda Banten

Sebagai pengendara motor, BroSis harus tahu bagaimana cara merawat motor saat musim hujan. Mengingat sebentar lagi musim hujan tiba, ada beberapa hal yang harus disiapkan agar BroSis tetap berkendara secara aman dan nyaman. BroSis membutuhkan kewaspadaan ekstra untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Selain cara Anda berkendara, perawatan mobil selama musim hujan pun berbeda.

Perawatan sepeda motor tidak hanya dilakukan dari luar atau eksterior, melainkan juga harus merawat bagian dalamnya atau interior untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, simak tips merawat motor selama musim hujan:

  • Mencuci motor

Tidak sedikit orang yang menganggap mencuci motor saat musim hujan tidak diperlukan, karena tersiram air hujan secara terus-menerus. Padahal kandungan dari air hujan mengandung zat asam yang akan mengakibatkan karat pada motor. Meskipun Anda tidak sempat untuk mencuci motor, usahakan minimal Anda menyiram dengan air biasa untuk menghilangkan kandungan zat asam yang berasal dari air hujan.

 

  • Ban

Saat musim hujan, jalanan akan penuh dengan genangan air yang sulit dihindari sebab pandangan selama musim hujan tidak terlalu jelas. Oleh karena itu sangat disarankan Anda untuk mengecek tekanan udara ban apakah masih cukup atau perlu ditambah lagi. Anda bisa dengan mudah menggunakan jempol untuk menekan kondisi ban. Ban yang kekurangan udara akan menyebabkan permukaan ban bersinggungan langsung dengan permukaan jalan, sehingga menyebabkan tarikan motor semakin berat dan membuat ban motor menjadi mudah tipis atau gundul. Sebaiknya Anda juga mencuci bagian ban atau menyiramnya dengan air agar bersih dari sisa-sisa air hujan yang dapat menyebabkan karat.

  • Busi

Busi sendiri merupakan jantung dari motor yang harus dirawat dengan sebaik-baiknya, sebab tanpa busi motor tidak dapat dinyalakan. Ketika motor sudah selesai digunakan, sangat disarankan Anda mencabut karet penutup busi atau cop lalu tiup dan lap dengan menggunakan air bersih. Tidak hanya busi saja, bersihkan juga kabel dan jangan lupa untuk mengeringkan semuanya karena busi motor yang basah akan mengganggu proses ketika motor akan dinyalakan.

  • Rantai

Rantai merupakan bagian yang paling mudah berkarat saat musim hujan tiba. Sifat air hujan yang memiliki keasaman akan menimbulkan karat pada rantai. Apalagi banyak motor yang rantainya tidak terlindung oleh penutup rantai, tentunya rantai akan semakin mudah berkarat. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan penutup rantai untuk mengurangi resiko rantai cepat berkarat.

  • Knalpot

Jika terdapat kotoran yang menempel pada bagian dalam knalpot atau leher knalpot, hal ini bisa mengakibatkan knalpot menjadi keropos. Ditambah lagi kotoran tersebut sudah tercampur dengan air hujan. Sebaiknya setelah motor melewati genangan air hujan atau banjir dan, segera keluarkan air dari dalam knalpot.

Demikian beberapa informasi mengenai bagaimana cara merawat motor saat musim hujan ya BroSis. Tetaplah menjaga keselamatan dan terus waspada selama berkendara di musim hujan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK