NEWS
DETAILS
Senin, 15 Jan 2024 07:55 - Paguyuban Honda Banten

Komponen standar dua atau standar double, punya fungsi yang penting banget BroSis. Dengan standar dua, motor kita jauh lebih stabil ketika terparkir, dan memudahkan proses pembongkaran dan pencucian sepeda motor. Standar dua/tengah memang tidak ada di semua motor, umumnya ada di motor bebek, motor matic, dan sebagian motor sport. Bagi kalian pemilik motor matic, ada perlakuan khusus nih untuk komponen standar tengah. Karena sering terjadi, standar tengah motor matic yang macet dan tidak bisa dibuka. Yuk kita simak penjelasan selengkapnya.

  • Penyebab standar dua/tengah motor matic macet

Standar dua macet sebenarnya bisa menimpa semua jenis motor. Namun motor matic jadi yang paling sering, karena posisi dudukan standar tengah motor matic yang langsung pada area crankcase mesin. Beda dengan posisi dudukan standar tengah motor bebek atau sport yang ada di rangka.

Crankcase mesin akan jadi sangat panas ketika motor dipakai. Panas di crankcase, tentu akan menjalar ke standar tengah. Area kolong motor juga tentunya akan mudah terkena air, lumpur, dan kotoran. Air dan kotoran yang hinggap di area as standar tengah motor matic, akan mudah sekali kering karena panas yang tinggi di area tersebut. Akhirnya kerak dan karat akan mudah sekali muncul dan membuat as standar tengah jadi macet.

  • Cara membuka standar dua/tengah motor matic yang macet

Jika standar dua/tengah motor matic kita sudah terlanjur macet, ada cara khusus untuk membukanya nih Bro Deltalube. Semprotkan cairan penetran ke area as standar tengah, lalu pukul secara perlahan as standar tengah menggunakan palu karet atau palu plastik. Jangan gunakan palu besi, karena bisa bikin as standar tengah jadi rusak. Jangan juga memanaskan area standar tengah, karena bisa berpotensi membuat crankcase mesin jadi pecah!

  • Mencegah standar dua/tengah motor matic macet

Ada dua tips mudah untuk mencegah standar tengah motor matic macet. Tips pertama, upayakan selalu segera bersihkan area kolong motor khususnya area standar tengah ketika habis menerjang hujan atau kotoran. Tips yang kedua adalah dengan rutin menyemprot cairan penetran atau pelumas, pada area as standar tengah.

Jika mau lebih maksimal, kita bisa lakukan pembersihan pada area as standar tengah setidaknya 2 bulan sekali. Lepas as standar tengah, untuk membersihkan kotoran atau bahkan karat yang ada di dalamnya. Jika ada karat, bisa diamplas menggunakan grit 1000. Lalu lumasi area as standar tengah menggunakan oli bersih secukupnya

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK