NEWS
DETAILS
Sabtu, 13 Jan 2024 08:23 - Paguyuban Honda Banten

Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, beberapa komponen di sepeda motor menuntut penggantian. Sebagian besar komponen akan habis pakai, sehingga harus diganti agar sepeda motor berfungsi dengan maksimal. Komponen sepeda motor terbagi menjadi dua, fast moving dan slow moving.

Komponen fast moving adalah komponen yang cepat habis atau aus ketika dipakai. Contohnya adalah kampas rem, kampas kopling, ban, dan rantai roda. Sementara komponen slow moving, adalah komponen yang biasanya lebih awet umurnya, misalnya komponen pada bagian transmisi.

Bagi para bikers, biasanya dihadapkan pada pilihan ketika harus mengganti komponen fast moving sepeda motor. Karena banyak sekali pilihan spare part yang tersedia, ada yang original, ada yang aftermarket dengan harga yang lebih murah.

Berikut ini, akan kami infokan beberapa daftar komponen yang harus diganti dengan yang berkualitas. Karena daftar komponen tersebut, berkaitan langsung dengan keselamatan kita. Yuk kita mulai saja.

Komponen pertama adalah kampas rem. Komponen penghenti laju kendaraan ini, wajib diganti yang berkualitas. Karena kampas rem yang jelek, tidak akan berfungsi maksimal saat suhu tinggi. Jika pengereman dilakukan pada kecepatan tinggi, kampas rem jelek tidak mampu melambatkan sepeda motor. Kampas rem yang jelek juga berpotensi lebih cepat mengikis piringan cakram atau dinding teromol rem.

Selanjutnya adalah rantai roda. Rantai roda kualitas jelek, berpotensi lebih cepat putus pada penggunaan berat. Jika rantai putus dan jatuh ke aspal itu masih cenderung aman. Yang bahaya itu, kalau rantai putus lalu membelit pelek belakang. Ban belakang akan berhenti berputar secara mendadak, sehingga membuat laju sepeda motor tidak bisa dikendalikan.

Ban Adalah Komponen Selanjutnya Yang Wajib Pakai Yang Berkualitas
Ban berkualitas jelek, cenderung memiliki kualitas kompon yang buruk. Kompon yang buruk, berpotensi licin ketika digunakan saat menikung. Ban berkualitas jelek juga memiliki desain pattern kembangan ban yang tidak maksimal memberikan grip pada jalan. Jangan juga gunakan ban bekas yang direkondisi! Ban bekas biasanya memiliki ketebalan yang sudah sangat tipis dan kompon ban yang sudah keras atau mati.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK