NEWS
DETAILS
Jumat, 29 Dec 2023 07:39 - Paguyuban Honda Banten

Pemilik motor kadang dibuat jengkel oleh tunggangannya ya BroSis, yang paling sering terjadi motor tidak mau menyala ketika ingin pergi di pagi hari. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari bahan bakar, tak ada percikan api sampai ke proses kompresi.

Fokus kepada masalah terakhir, kompresi itu sendiri akan memberikan hentakan pada piston dan berikutnya diterima kruk as yang membuatnya terus berputar. Bila ada masalah pada kompresi, otomatis mesin kurang bertenaga dan bukannya tak mungkin jadi sulit hidup.

Ada beberapa tanda-tanda motor sudah kehilangan kompresi, salah satunya yang telah disebutkan di atas yakni motor sulit untuk hidup. Umumnya memiliki ciri khas putaran dinamo starter lebih cepat karena tidak adanya beban kompresi. Untuk motor lawas yang belum memiliki elektrik starter, ketika kick start terasa ringan alias tidak padat. Biasanya juga ditandai dengan suara knalpot yang tidak padat karena tidak ada tekanan kompresi dari ruang bakar.

Penyebab motor kehilangan kompresi pun bisa bermacam-macam, salah satunya klep yang tidak menutup rapat. Klep itu sendiri tempat di mana bahan bakar atau sisa pembakaran keluar dan masuk. kerak karbon bisa menempel pada klep dan setting klep, sehingga klep tidak bisa menutup rapat karena kerak tersebut. Kerak karbon dapat menyusup ke sela-sela ring piston, katika ada kerak karbon maka ada celah saat proses kompresi. Cek juga apakah kondisi klep masih lurus sempurna, bila sudah bengkok juga membuat klep tidak bisa menutup rapat.

Penyebab lain yakni packing head yang sudah rusak. Hal ini memang disebabkan oleh umur pakai motor yang sudah banyak. Biasanya ditandai dengan munculnya rembesan oli disekitar packing.

Yang terakhir biasanya ditemukan pada motor lawas nih, yakni drat busi yang sudah dol. Ketika hal ini terjadi, otomatis tekanan kompresi jadi hilang. Jadi, diharapkan bisa berhati-hati ketika membuka dan memasang busi agar hal ini bisa dihindari.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK