NEWS
DETAILS
Jumat, 08 Dec 2023 09:10 - Paguyuban Honda Banten

Beberapa waktu belakangan, intensitas hujan semakin tinggi. Tidak sedikit daerah di Indonesia yang rawan akan musibah banjir. Kerugian materi pun tidak dapat dihindari, termasuk motor kesayangan pun turut menjadi korban.

Namun ada beberapa Langkah yang bisa dilakukan ni BroSis untuk meredam kerugian yang lebih besar pasca motor terendam banjir.

  • Jangan Langsung Nyalakan Mesin

Langkah ini bisa dibilang menjadi kunci agar motor tidak menjadi rusak parah. Bila mesin sampai terendam air, ada kemungkinan masuk ke dalam silinder. Bila langsung dinyalakan, besar kemungkinan terjadi water hammer di mana piston bisa jebol dan setang piston bengkok.

Begitu pula dengan komponen kelistrikan, air yang masih bersarang pada baterai dan komponen kelistrikan lain berpotensi menyebabkan korsleting.

  • Basuh Dengan Air Besih

Mencegah terjadinya penumpukan kotoran, basuhlah motor dengan air besih secukupnya. Bila terjadi penumpukan kotoran bisa nyebabkan beberapa komponen tidak berfungsi dengan baik. Karat pun tidak segan untuk datang bila kondisi ini dibiarkan.

Bisa lebih baik lagi hasilnya dengan menyikat bagian motor yang terkena lumpur banjir. Dibasuh lagi dengan air besih lalu dikeringkan.

  • Cek Bagian Mesin

BILA BAGIAN MESIN SAMPAI TERENDAM, CEK BUSI MOTOR.
Bila basah, bersihkan dengan sikat dan kain lap sampai benar-benar kering. Kemudian cek bagian bak CVT (untuk motor matik). Pastikan bebas dari rembesan air. Langkah berikutnya cek juga bagian bak engkol, bak kopling, blok silinder, kepala silinder dan karburator/injector. Tidak lupa cek pula filter udara motor. Bila basah, bisa dikeringkan atau diganti bila banyak lumpur yang bersarang pada filter.

  • Periksa Oli Motor

Saat motor terendam banjir, tidak kecil kemungkinan air masuk sehingga bercampur dengan oli. Terlebih air sudah bercampur dengan kotoran dan lumpur. Hal ini membuat sifat pelumasan oli menjadi hilang dan memperbesar friksi. Akibatnya komponen yang membutuhkan pelumasan bisa cepat aus.

Umumnya, warna oli motor akan berubah bila sudah terkontaminasi air banjir. Antara menjadi berwarna putih atau kecoklatan bila terendam dengan air yang kotor. Tidak ada jalan lain, oli harus segera diganti. Jangan sampai lupa untuk mengurasnya terlebih dulu.

  • Cek Bagian Lain

Ketika terendam bajir, knalpot adalah komponen yang paling mudah kemasukkan air. Dikhawatirkan air masuk ke ruang bakar dan mengganggu kinerja mesin.

Selain itu cek pula bagian rem. Kampas rem yang Sebagian besar terbuat dari bahan asbes, apabila terkena air bisa menggembung dan setelah kering akan mengeras. Pada jenis rem cakram, cukup bersihkan sisa-sisa banjir hingga kering.

Untuk motor yang terendam sepenuhnya, cek pula bagian tangki bensin. Bila air sampai masuk ke dalam tangki, berpotesi masuk ke dalam ruang bakar. Mencegah hal ini terjadi, sebaiknya tangki bensin dikuras sampai bersih.

Begitulah langkah pertama jika motor terendam banjir ya BroSis.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK