NEWS
DETAILS
Jumat, 12 Jan 2018 09:57 - Paguyuban Honda Banten

Bicara perasaan, kalau terjadi hubungan secara singkat jelas tidak enak di hati. Nah, bro/sis enggak usah mendadak galau gitu, ini bukan membahas soal hati. Tapi ada komponen pada motor yang dapat mencegah hubungan singkat atau arus pendek, letaknya biasanya deket dengan aki.

Ya, komponen itu namanya sekring dan bisa sebagai penyelamat. Penyelamat dari kebakaran akibat terjadi hubungan arus pendek pada kabel. Makanya sistem kelistrikan di motor merek apapun, pastinya layak mengandalkan komponen ini.

Kenapa begitu? Iya dong, sekring atau fuse berfungsi sebagai pengaman ketika kabel korslet atau terjadi hubungan arus pendek antara kabel positif dan negatif aki. Apalagi kalau ada part kelistrikan yang short. Sekring duluan yang memutus arus secara otomatis agar kebakaran dapat terhindar.

Korslet terjadi kapan saja. Baik saat sedang bongkar kabel, ada kabel positif terjepit massa, korslet pada terminal atau ada air menyusup di sela slonsong kabel. Semua itu dapat sebabkan setrum positif terhubung ke massa bodi.

Tapi, penting di sini, sekring ada ukuran ampere-nya. Untuk sekring motor, biasanya pakai 10A (ampere) yang dipasang tepat di dekat aki. Jika lebih, pada saat korslet sekring tidak mampu memutus arus berlebihan. Yang ada, kabel hangus.

Kenapa begitu, hal ini lantaran pabrik pembuat sekring sudah menentukan dan mengukur batas arus maksimal yang layak dialiri setrum. Kalau ukuran lebih besar, kawat halus di dalam sekring dapat dipasti tidak mau putus jika terjadi korslet.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK