NEWS
DETAILS
Senin, 02 Oct 2023 08:43 - Paguyuban Honda Banten

Marc Marquez akhirnya berhasil meraih podium pertamanya pada musim ini. Pembalap Repsol Honda tersebut berhasil finis di posisi ketiga pada balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu 1 Oktober 2023.

Karena kondisi trek dan cuaca dianggap tidak memungkinkan untuk melanjutkan balapan, akhirnya balapan tersebut dihentikan. Dalam balapan yang berlangsung hujan itu, Jorge Martin berhasil keluar sebagai pemenangnya dengan catatan waktu 24 menit 6,314 detik. Pembalap Pramac Ducati itu, finis di depan Francesco Bagnaia dan Marquez.

Marquez yang start dari posisi 7 itu hanya kalah 2,013 detik dari catatan waktu milik Jorge Martin. 

Ini menjadi podium pertama Marquez di musim ini, setelah terakhir kali naik podium di MotoGP Emilia Romagna pada MotoGP 2021. 

Pembalap berusia 30 tahun itu mengungkapkan bahwa ketenangan menjadi kunci keberhasilannya. Terlebih, dibantu dengan balapan yang sempat dihentikan karena hujan yang sangat lebat.

"Di grid (dengan turun empat peringkat), saya bilang ke diri saya: 'kesempatan terbuka'. Saat saya melihat ada air, kami mengganti motor cukup cepat, pada lap pertama ke ban basah, saya melihatnya akan menjadi balapan yang panjang," kata Marc Marquez, dikutip dari Marca. 

"Itulah mengapa saya membalap dengan sangat hati-hati di awal balapan, karena aspalnya cukup kering. Kalau anda terlalu memaksa, anda menghancurkan ban dan kalau ada lebih banyak lagi air turun, anda tak bisa melakukan apa-apa. Saya melaju cukup berhati-hati, cukup tenang," lanjutnya.

Dengan hasil ini, Marquez tetap berada di posisi 15 pada klasemen sementara MotoGP 2023 dengan raihan 64 poin. Dia kalah 255 poin dari Francesco Bagnaia yang saat ini masih menduduki posisi pertama. 

Marquez mengalami musim yang sulit dalam MotoGP 2023. Setelah awalnya menunjukkan performa yang menjanjikan dalam balapan sprint MotoGP Portugal, Marquez mengalami kecelakaan. Setelah kecelakaan itu, Marquez absen dalam beberapa seri dan beberapa kali mengalami kecelakaan lagi.

Namun, ketika Marquez kembali berlomba pada MotoGP Austria, ia kesulitan untuk tampil kompetitif.

Baru pada balapan MotoGP India, Marquez berhasil merebut posisi ketiga dalam balapan sprint. Keberhasilan itu kemudian berlanjut dalam MotoGP Jepang.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK